Pada masa pemulihan ekonomi saat ini pasca dilanda pandemi covid-19, terdapat beberapa peluang usaha yang layak untuk dicoba oleh masyarakat. Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, peluang usaha rumahan ini bisa dijajaki masyarakat dengan modal yang sangat minim.
Berikut ini merupakan sejumlah peluang usaha kecil yang menjanjikan di 2021 sebagaimana dirangkum CNNIndonesia.com :
1. Menjual makanan via online
Pengamat pemasaran dari Inventure Consulting Yuswohady mengatakan bahwa perilaku konsumen pada tahun 2021 tidak berbeda jauh dengan tahun 2020 yang lalu. Alasannya, meskipun bergerak, namun sebetulnya ekonomi tidak kembali pada kondisi normal seperti pra corona.
Menurutnya, pola konsumen yang paling menonjol adalah memprioritaskan belanja pada kebutuhan pokok. Oleh karena itu, ia menuturkan jika bisnis makanan dan minuman masih menjanjikan di tahun ini.
Tetapi dia memperkirakan jika konsumen lebih cenderung memburu makanan yang bisa dipesan melalui layanan online, seperti lewat aplikasi pesan online maupun layanan siap antar (delivery) dari penjual secara mandiri. Sebab, masyarakat masih khawatir untuk berkumpul di tempat ramai, termasuk restoran lantaran penularan covid-19 masih bisa terjadi.
(Baca juga : kisah sukses kolonel harland membangun KFC)
2. Bisnis Obat Herbal
Menjual obat-obatan herbal sangat menjanjikan di tahun ini. Sebab, selain makanan, prioritas konsumen lainnya adalah kesehatan untuk menjaga imunitas tubuh tetap fit di tengah ancaman penyebaran virus corona. Obat herbal diburu konsumen lantaran dinilai lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang daripada obat yang mengandung bahan kimia.
3. Les Online
Melihat angka penularan covid-19 yang masih tinggi, Yuswohady memperkirakan jika masyarakat masih memprioritaskan aktivitas di rumah. Oleh karena itu, jasa layanan digital akan lebih banyak diburu oleh masyarakat, seperti misalnya kursus dengan cara digital. Hal ini disebabkan karena anak-anak tidak bisa banyak aktivitas di luar rumah, maka bimbel (bimbingan belajar) digital akan mengalami pertumbuhan. Jadi, apa-apa yang bisa dilakukan dari rumah lebih menjanjikan untuk bisnis.
(Baca juga : cerita anak berandalan sukses ternak sapi)
Karakteristik konsumen di tahun 2021 yaitu low mobility atau meminimalisasi pergerakan guna mengurangi penularan virus corona.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar